Sebagai bagian dari kegiatan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) untuk mahasiswa baru, Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber Bapak Hendro Wicaksono, M.Hum. Acara ini dilangsungkan di Rumah Jurnal Perpustakaan Pusat pada tanggal 24 Agustus 2018. Bapak Hendro, demikian panggilan akrabnya, merupakan founder sekaligus lead developer Senayan Library Management System (SLiMS). Saat artikel ini ditulis, beliau berstatus sebagai pegawai aktif di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa dan staf pengajar ini bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada profil praktisi yang telah banyak berkontribusi dalam dunia kepustakawanan dan sains informasi. “Diharapkan dengan mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa baru akan tercerahkan dan tahu bagaimana cara membangun kompetensi selama di perkuliahan”, jelas Ketua Jurusan, Dr. M. Amin Hariyadi, MT. Di samping itu, mengenalkan mahasiswa pada sosok yang sangat berpengaruh dalam dunia kepustakawanan di Indonesia ini diharapkan dapat membantu memahamkan mahasiswa mengenai aplikasi teknologi informasi dalam sistem manajemen perpustakaan.

Dalam paparannya, Bapak Hendro mengajak para mahasiswa untuk mulai sedini mungkin menggali bakat dan minatnya. Beliau juga membagi resep kesuksesannya dalam membangun kemampuan profesionalnya. “Mengetahui passion sedari awal dan berusaha terus menerus membangun kompetensi dan jam terbang menjadi kunci keberhasilan saya untuk ada dalam titik sekarang ini. Selain itu, kemauan untuk berproses juga harus dimiliki”, jelasnya. Peraih penghargaan Indonesia Information Communication and Technology Award (INAICTA) 2009 untuk kategori open source ini juga menjelaskan bagaimana kompetensi IT pustakawan saat ini sangat diperlukan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu yang disinggungnya adalah kebutuhan system librarian yang saat ini terus meningkat. “Kalau melihat iklan lowongan kerja untuk system librarian di https://code4lib.org/, kalian akan tahu bagaimana pustakawan yang memahami sistem informasi begitu diperlukan dan requirement-nya juga tidak sembarangan”, tukasnya.

Selain mengikuti paparan narasumber, dalam kegiatan ini seluruh mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat catatan refleksi seusai mengikuti kuliah umum. Selain berkesempatan berdiskusi langsung dengan narasumber, diharapkan mahasiswa mampu merefleksikan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh dalam kegiatan ini. (AZ)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *