Dalam rangka memeriahkan rangkaian program The Third International Conference on University Community Engagament (ICON-UCE) 2018 yang diselenggarakan di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Fakultas Saintek berpartisipasi dalam pameran (expo) fakultas dan jurusan. Gelaran ini diselenggarakan selama 2 hari yaitu tanggal 8 dan 9 Oktober 2018 dengan mengambil tempat di Gedung Sport Center UIN Malang. Dalam kesempatan ini, Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi turut berkontribusi memperkenalkan program LIS pertama di Indonesia yang berada di bawah Fakultas Sains dan Teknologi.

Meski keilmuan LIS (library and information science) sudah cukup berkembang lama di dunia, banyak masyarakat umum yang belum menyadari posisi pentingnya. Dalam era keberlimpahan informasi (information overload) sekarang ini, profesional bidang informasi sangat diperlukan kehadirannya di tengah-tengah masyarakat. Dalam kegiatan ini, Pak Anas Suprapto selaku koordinator pameran didampingi oleh beberapa mahasiswa, memperkenalkan jurusan baru ini ke semua pengunjung yang mampir di booth.

Dalam booth mini yang disediakan, beragam banner yang memuat informasi tentang seluk beluk jurusan diperlihatkan kepada pengunjung, antara lain mengenai kurikulum jurusan dan staf pengajar yang dimiliki. Selain itu, beberapa sumber informasi yang menjadi rujukan jurusan, seperti buku DDC (Dewey Decimal Classification) turut dipamerkan.

Melalui kegiatan pameran ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih dekat Jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi UIN Malang serta memahami urgensi keilmuan perpustakaan, dokumentasi, dan informasi (pusdokinfo) dalam perkembangan industri informasi saat ini. Untuk jangka panjang, diharapkan para pengunjung terinspirasi dan bergabung dalam jurusan yang memiliki tagline mencetak profesional informasi islami yang handal dan cakap dalam bidang keilmuannya ini. (AZ)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *