HMPS PII LAKUKAN PELATIHAN CANVA & PENERAPAN BUDAYA LITERASI DI
TAMAN BACA MASYARAKAT “RUMAH KARAKTER”

Pada tanggal 8 dan 9 juni 2024 – HMPS Perpustakaan dan Ilmu Informasi melakukan kegiatan Literasi. Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Baca Masyarakat “Rumah Karakter” yang terletak di Karangploso. Kegiatan hari pertama dimulai dari jam 07.30-10.00, kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan Canva yang ditujukan untuk remaja Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini dihadiri oleh 3 peserta yang merupakan pelajar Sekolah Menengah Pertama. Target audiens seharusnya 10 peserta, tetapi karena kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu yang merupakan hari efektif anak-anak masuk sekolah, sehingga hanya sedikit peserta yang dapat menghadiri pelatihan Canva tersebut. Penyampaian materi dilakukan oleh Siti Mustofia selaku Ketua Divisi Medinfo.

Penyampaian Materi oleh Ketua Divisi Medinfo

Hari kedua dilaksanakan pada tanggal 9 juni 2024, kegiatan pada hari kedua dimulai pada pukul 08.00-10.00 yang dimulai dengan pembukaan acara Literasi oleh Panitia yang bertugas yaitu Ali dan Nasrul.

Pembukaan acara Literasi oleh Panitia yang bertugas

Rangkaian acara Literasi pada hari kedua ini terdiri dari Storytelling, mewarnai, dan menyanyi. Kegiatan ini dihadiri oleh anak-anak tingkat Sekolah Dasar yang bertempat tinggal disekitaran komplek dekat dengan Taman Baca Masyarakat “Rumah Karakter”. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih dari 20 peserta, kegiatan Storytelling dimulai dengan beberapa panitia membacakan atau menceritakan sebuah kisah dari buku cerita anak. Peserta mendengarkan dan menyimak secara seksama ketika sedang dibacakan cerita oleh panitia. Setelah itu, panitia menunjuk beberapa anak sebagai perwakilan maju ke depan untuk membacakan kembali buku yang sudah diceritakan tadi.

Pembacaan kembali buku yang sudah diceritakan

Rangkaian acara selanjutnya yaitu mewarnai sebuah sketsa, peserta dipersilahkan untuk memilih sebuah sketsa gambar untuk diwarnai oleh mereka.

Kegiatan mewarnai gambar

Setelah mewarnai, dilanjutkan dengan acara ice breaking yaitu menyanyi bersama. Ice breaking ini terdapat mini game yang dipandu oleh panitia yang bertugas, pada permainan game ini jika ada peserta yang kalah maka harus maju ke depan untuk menyanyikan sebuah lagu anak-anak. Rangkaian acara pun selesai, di akhir acara terdapat beberapa nominasi untuk para peserta yang telah mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir acara. Peserta yang terpilih mendapatkan Doorprize atau hadiah yang berupa snack. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi foto bersama.

Sesi foto bersama

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *