Perkembangan teknologi digital mempengaruhi beberapa sektor. Tidak terkecuali dalam sektor informasi. Pada Era digitalisasi sekarang ini, kebutuhan masyarakat akan informasi tentunya semakin meningkat. Tingginya permintaan untuk memenuhi kebutuhan informasi pada masyarakat disebabkan oleh kemudahan dalam mengakses informasi. Kemajuan teknologi informasi pada masyarakat juga memiliki dampak negatif. Penyebaran informasi yang terjadi pada masyarakat menyebar secara massif, sehingga menyulitkan masyarakat dalam memilah informasi yang mereka terima berdasarkan kredibilitas informasi tersebut. Hal tersebut pula yang menyebabkan banyak beredarnya berita hoaks pada masyarakat.

Perpustakaan merupakan lemabaga informasi yang berperan dalam menyalurkan informasi pada masyarakat. Dalam perannya sebagai lembaga informasi perpustakaan memberikan berbagai jenis layanan serta sarana kepada masyarakat. Dengan berbagai fasilitas dan layanan yang ada pada perpustakaan masyarakat dapat memanfaatkannya sebagai sarana penyedia informasi yang terpercaya. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di perpustakaan tidak hanya untuk memberikan kemudahan dalam penelusuran informasi, tetapi dapat dimanfaatkan untuk kegiatan promosi perpustakaan. Kegiatan promosi perpustakaan ini bertujuan untuk memperkenalkan produk dan jasa informasi kepada masyarakat yang lebih luas. 

Kehadiran teknologi yang semakin canggih dapat memberikan peluang bagi pengelola perpustakaan untuk menjangkau masyarakat lebih luas dalam kegiatan promosinya. Melakukan promosi melalui platform digital seperti situs web dan media sosial dari perpustakaan dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan dalam bepromosi. Seperti yang dikatakan Qulyubi (2002:22) bahwa promosi perpustakaan adalah salah satu upaya untuk memperkenalkan identitas organisasi perpustakaan atas produk-produk serta jasa informasi yang diberikan dengan berbagai fasilitas yang dimiliki

Melalui kegiatan Seminar Nasional yang bertemakan LISMET (Library and Social Media Trends): Strategi dan Tantangan dalam Upaya Promosi Perpustakaan pada Media Sosial” dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi “Libration”, diharapkan dapat menjadikan mahasiswa perpustakaan sebagai calon pustakawan menjadi aktif belajar, menambah pengetahuan atau wawasan mengenai promosi perpustakaan.

Seminar Nasional ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai manajemen promosi dan pemasaran perpustakaan agar menarik minat masyarakat dengan memanfaatkan media sosial. Selain itu memberikan pemahaman teknik promosi tentang produk dan layanan yang dimiliki oleh perpustakaan dengan menggunakan media sosial. Dan juga memberikan peluang di era digital dalam mengoptimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan dengan melakukan promosi.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *