HMPS Perpustakaan dan Ilmu Informasi “Libration” periode 2023 telah sukses mengadakan Training of Organization yang dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada hari Senin, 24 Juli 2023. Kegiatan Training of Organization atau biasa disingkat TOO mengusung tema “Membangun kepercayaan diri dalam berorganisasi demi terwujudnya profesionalisme yang bertanggung jawab”.

Kegiatan TOO diikuti oleh seluruh pengurus HMPS Perpustakaan dan Ilmu Informasi periode 2023. Kegiatan ini dibuka langsung oleh  Nur Layli Rosyida Safitri sebagai Master of Ceremony pada pukul 08.15 WIB. Dilanjutkan dengan sambutan yang pertama oleh Hasburrahman Afif sebagai ketua pelaksana TOO. Ia menyampaikan harapan bahwa “Semoga dengan adanya TOO bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta bisa diaplikasikan dalam satu periode HMPS ke depan”. Sambutan yang kedua oleh M. Daisak Syamaidzar sebagai Ketua HMPS PII “Libration” yang menyampaikan sekilas TOO yang disertai harapan dari terselenggarannya TOO ini. Tak lupa juga, ia menyelipkan sebuah pantun di penutup sambutannya. Sambutan yang terakhir oleh Ketua Program Studi, yaitu Dr. Ir. Mokhammad Amin Hariyadi yang memberikan pesan bagi seluruh pengurus HMPS PII “Libration”.

“Dalam mendukung akreditasi program studi menjadi lebih baik, berharap HMPS bisa mewadahi dan berkontribusi untuk meningkatkan prestasi mahasiswa PII baik akademik maupun non akademik”, tuturnya.

Setelah itu masuk ke acara inti, yaitu pemaparan materi pertama mengenai organisasi yang disampaikan oleh Amalia Setya Rostanti yang pernah menjabat sebagai ketua HMPS PII “Libration” periode 2022-2023. Pemaparan materi ini dipandu oleh M. Mu’ti Ali Firmansyah sebagai moderator. Kak Amalia menyampaikan bahwa  “Organisasi itu penting ketika terjun di kehidupan masyarakat, diantaranya bisa melatih jiwa kepemimpinan, mengembangkan kemampuan public speaking, kerjasama tim, kritis dalam berpikir, kemampuan bersosialisasi, serta memperbanyak relasi”. Disamping itu. banyaknya manfaat dalam mengikuti organisasi, ia juga berpesan kepada peserta TOO agar bisa menyeimbangkan antara akademik dan organisasi. Di akhir pemaparan materi, ia memberikan suatu quotes yang berbunyi “Aktivis yang tangguh adalah ia yang masih survive dengan segala permasalahan yang menghadang serta mampu menghadapi aturan main akademik yang ada”. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Selanjutnya pemaparan materi kedua tentang Public Speaking yang disampaikan oleh kak Luthfi Amangku Sasongko yang sebelumnya pernah menjabat juga sebagai ketua HMPS PII “Libration” periode 2020-2021. Pemaparan materi kedua dipandu oleh Azmi Syahidah sebagai moderator. Materi kedua juga tidak kalah menarik yang disampaikan dengan metode sharing santai. Di sela-sela pemaparan materi, kak Luthfi memberi contoh cara melatih Public Speaking dengan mengambil satu benda kemudian menjelaskan benda tersebut baik satu kalimat maupun satu paragraf yang dilakukan di depan cermin. Kak Luthfi juga menyampaikan pesan dalam Public Speaking untuk memahami bukan menghafal materi yang akan dibawakan serta melakukan latihan berulang kali seperti yang ia contohkan. Selain itu, ia juga menyarankan untuk memanfaatkan media online seperti youtube, google, media sosial, atau apapun untuk menggali informasi sebanyak mungkin untuk mendalami materi yang akan disampaikan. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Foto Sertif dan Penyerahan Cinderamata Pemateri 1

Foto Sertif dan Penyerahan Cinderamata Pemateri 2

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *