Menyambut mahasiswa baru Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Tahun 2023 Himpunan Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi “Libration” menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada bulan September 2023 dengan Orientasi dan Pengenalan Program Studi. Kegiatan orientasi dan pengenalan program studi tersebut dinamakan Litera 2023 dengan tema “Membangun Intelektual Mahasiswa Perpustakaan dan Ilmu Informasi untuk Menciptakan Mahasiswa yang Produktif, Inovatif, dan Komunikatif”. Peserta dari kegiatan Litera 2023 ini adalah seluruh mahasiswa baru Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Tahun 2023. Harapan dari kegiatan tersebut adalah dapat membantu mahasiswa baru Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi Tahun 2023 mengenal lebih dekat mengenai program studi mereka lebih mendalam.

Tidak hampir berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan Litera tahun ini berlangsung selama 4 hari dengan mengundang Kepala Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi yaitu Bapak Amin Hariyadi, M.Y., Dosen Program Studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Demisinoner HMPS Perpustakaan dan Ilmu Informasi “Libration” dari periode 2019-2022, anggota HMPII, Ketua Sema Fakultas Sains dan Teknologi, serta Ketua Dema Fakultas Sains dan Teknologi. Kemudian di 3 pertemuan pertama terdapat sesi penyampaian materi oleh beberapa pemateri guna mengenalkan Program Studi.

Hari pertama (Minggu, 10 September 2023) adalah pembukaan kegiatan, pemaparan materi, dan penugasan-penugasan kepada peserta Litera 2023. Pada hari pertama bertempat di Auditorium Selatan Fakultas Sains dan Teknologi. Acara dimulai jam 09.05 yang dibuka oleh MC kita tentunya Kak Kharisma Nur Maulidia dan Kak Haryo Ridho Mukti. Selanjutnya adalah pembacaan tilawatil Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Sumpah Mahasiswa. Lalu acara berikutnya adalah Penyampaian Sambutan oleh Ketua Pelaksana, Ketua HMPS, dan Ketua Program Studi. Kemudian diakhiri dengan pembacaan do’a dan penutup.

Setelah kegiatan pembukaan acara litera selesai, setiap kelompok diminta untuk menampilkan yel-yel dan jargon litera yang sudah disiapkan sebelumnya. Kelompok litera tahun ini dibagi menjadi 8 kelompok dengan nama kelompok diambil dari . Kemudian pada pukul 09.40 – 10.19 WIB pemaparan penjelasan materi terkait keakademikan dan pengenalan prodi oleh Bapak Wahyu Hariyanto, M. M. Kemudian disambung dengan kegiatan pemaparan materi kedua pada pukul 10.45 – 11.26 WIB terkait kepustakawanan oleh Bapak Ach. Nizam Rifqi, M. A.

Pada hari ketiga, Minggu/17 September 2023, bertempat di Auditorium Selatan Fakultas Sains dan Teknologi. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh MC. Dilanjutkan pada pukul 08.15 WIB adalah pemaparan materi pertama Karya Ilmiah yang dibawakan oleh Ibu Anindya Gita Puspita, M.A. Setelah penyampaian materi pertama dilanjutkan ice breaking dimana ada beberapa peserta yang disuruh maju ke depan oleh MC untuk bermain game. Mahasiswa terlihat sangat bersemangat dan kembali fokus untuk persiapan materi ke 2. Waktu menunjukkan pukul 09.30WIB, tanda pemaparan materi kedua sudah harus dimulai. Pemaparan dan penjelasan materi terkait Keorganisasian oleh Bapak Dedi Dwi Putra, M.Hum. merupakan pemaparan terakhir sekaligus penutup dari meteri-materi sebelumnya. Merasa kurang puas dengan game sebelumnya, peserta meminta kepada MC untuk melanjutkan game tadi. Setelah itu pada pukul 11.00 WIB adalah closing dimana menandakan berakhirnya acara. Kemudian mahasiswa baru keluar dari ruangan dan melakukan pendampingan untuk penyampaian tugas dari kakak pendampingnya masing-masing.

Setelah kegiatan acara hari pertama selesai dilanjutkan hari kedua pada hari Sabtu 16 September 20223 bertempatan di Gedung C ruang 301. Acara dimulai pada pukul pukul 08.00 WIB oleh MC. Kemudian pemaparan materi tentang Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) yang dibawakan oleh Ketua HMPS Perpustakaan dan Ilmu Informasi “Libration” yaitu M. Daisak Syamaidzar. Peserta terlihat sangat memiliki rasa penasaran terhadap HMPS dengan bukti jumlah pertanyaan yang sangat banyak. Harapannya, peminat HMPS di tahun depan meningkat. Selanjutnya adalah pemaparan dan penjelasan materi terkait Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) oleh Lia Yuna selau anggota dari HMPII. Pada pukul 10.30 WIB, acara ditutup dengan pembacaan do’a. Tidak lupa, peserta melaukan pendampingan selama kurang lebih setengah jam untuk pengumpulan tugas kepada kakak-kakak pendampingnya masing-masing


Pada hari ketiga, Minggu/17 September 2023, bertempat di Auditorium Selatan Fakultas Sains dan Teknologi. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB oleh MC. Dilanjutkan pada pukul 08.15 WIB adalah pemaparan materi pertama Karya Ilmiah yang dibawakan oleh Ibu Anindya Gita Puspita, M.A. Setelah penyampaian materi pertama dilanjutkan ice breaking dimana ada beberapa peserta yang disuruh maju ke depan oleh MC untuk bermain game. Mahasiswa terlihat sangat bersemangat dan kembali fokus untuk persiapan materi ke 2. Waktu menunjukkan pukul 09.30WIB, tanda pemaparan materi kedua sudah harus dimulai. Pemaparan dan penjelasan materi terkait Keorganisasian oleh Bapak Dedi Dwi Putra, M.Hum. merupakan pemaparan terakhir sekaligus penutup dari meteri-materi sebelumnya. Merasa kurang puas dengan game sebelumnya, peserta meminta kepada MC untuk melanjutkan game tadi. Setelah itu pada pukul 11.00 WIB adalah closing dimana menandakan berakhirnya acara. Kemudian mahasiswa baru keluar dari ruangan dan melakukan pendampingan untuk penyampaian tugas dari kakak pendampingnya masing-masing


Lalu setelah acara hari pertama, kedua , dan ketiga selesai dilanjutkan di ujung acara pada hari keempat di hari Minggu pada tanggal 24 September 2023 bertempat di depan Gedung A. Tetapi sebelum itu, peserta akan diajak untuk tour fakultas dengan tetap didampingi oleh pendamping masing-masing, OC, dan BPH. Tujuan dari tour fakultas ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang letak beberapa tempat di dalam fakultas supaya mahasiswa baru mengetahui dimana letak ruang prodi, ruang laboratorium jaringan, laboratorium technopreneur, dan ruangan-ruangan lainnya. Setelah tour fakultas, terdapat foto Bersama satu angkatan di depan rektorat sebagai dokumentasi. Kemudian maba digiring untuk ke depan gedung A. Kegiatan yang dilakukan di depan Gedung A merupakan games antar kelompok, games pertama yakni game estafet balon, game kedua yaitu memasukkan paku kedalam botol, dan game terakhir adalah bola panas yang mana setiap anggota tentunya mengikuti baik salah satu maupun semua dari game tersebut.

Tak mau kalah, panitia diam-diam juga mempersiapkan penampilan flashmob khusus untuk peserta LITERA 2023. Flashmob sangat seru dan para maba juga ikut andil untuk memeriahkannya. Karna dirasa kurang meriah, salah satu panitia menunjuk satu peserta untuk memimpin senam kewer-kewer. Setelah acara hiburan selesai, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang individu dan kelompok.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *