LIS-UIN Malang – (13/01/2023) Menyambut awal tahun 2023 sebagai agenda rutin program studi Perpustakaan dan Ilmu Informasi menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi yang ediikuti oleh pimpinan, dosen, dan tenaga administrasi program studi. Rapat koordinasi awal tahun ini dilakukan dengan membahas beberapa persiapan agenda penting program studi di tahun 2023 yaitu persiapan reakreditasi dan penyusunan buku kurikulum berbasis OBE (Out Come Based Education) yang dilengkapi dengan RPS (Rencana Pembelajaran Semester). Pertama terkait dengan persiapan reakreditasi program studi maka dibentuk suatu TIM penyusunan borang reakreditasi, dalam hal ini tim yang terbentuk diketuai oleh bapak Dedy Dwi Putra, M. Hum. TIM yang telah terbentuk diharapkan segera dapat mempersiapakan terkait apa saja yang diperlukan dalam kelengkapan penyusunan borang dikarenakan target dari pimpinan tahun ini sudah dapat submit ke BAN PT. Kedua terkait dengan penyusunan buku kurikulum berbasis OBE (Out Come Based Education) yang dilengkapi dengan RPS dalam konteks ini perlu dilakukan rapat koordinasi yang berkelanjutan dengan para dosen pengamou mata kuliah serta ketua KK (Kelompok Keilmuan) program studi, karena dalam penyusunan RPS ini dibutuhkan persamaan persepsi dan kesepatan per maisng-masing dosen pengampu matakuliah.
Selain membahas beberapa hal terkait persiapan agenda program studi di tahun 2023, terdapat beberapa hasil evaluasi dari kegiatan ditahun sebelumnya meliputi PKL, peningkatan minat mahasiswa, kegiatan CDP, kuliah tamu, website program studi, pedoman skripsi. PKL (Praktik Kuliah Lapangan) dirasa perlu ada review pedoman PKL, karena durasi PKL yang berbeda-beda, hal tersebut mengingat kedepan harapannya kegiatan PKL bisa di MBKM-kan. Mengenai minat mahasiswa, artinya perlu ada peningkatan minat terhadap animo terhadap program studi yitu diperlukan roadshow ke sekolah sekolah sekaligus dalam rangka kerjasama. Masalah CDP yaitu diperlukan adanya PKS (Perjanjian Kerjasama) dengan fakultas terlebih dulu, sehingga perlu direncanakan di awal tahun ini akan bekerjasama dengan siapa dan kegiatannya apa saja sehingga hasilnya bisa berkelanjutan. Terkait dengan kuliah tamu untuk tahun ini perlu dipersiapkan di awal tema dan topik mengenai apa sekaligus narasumber yang akan diajukan, mengingat program studi terdapat 2 anggaran kuliah tamu dalam skala nasional dan internasional. Berhubungan dengan website program studi diperlukan peningkatan dan optimalisasi baik secara desain interface maupun performa, serta konten yang perlu dilengkapi. Terkait dengan pedoman skripsi yaitu informasi terbaru terdapat beberapa pedoman perubahan skripsi yang perlu dilakukan beberapa penyesuaian. Secara garis besar rapat koordinasi berjalan dengan lancar dan antusias diikuti oleh peserta. Harapan kedepannya beberapa agenda dan hasil evaluasi perlu ditindaklanjuti. (Niz)